Rejang Lebong-Bengkulu termasuk habitat bunga rafflesia, sebut BKSDA

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA News) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Bengkulu-Lampung mengatakan wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu termasuk salah satu habitat bunga rafflesia arnoldii.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Kantor Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu yang berada di Rejang Lebong, Hayu, Jumat mengatakan ditemukannya bungai rafflesia arnoldii yang tumbuh di daerah itu menunjukkan jika Kabupaten Rejang Lebong termasuk habitat puspa langka yang dilindungi tersebut.

“Jika melihat mekarnya bunga rafflesia dalam beberapa lokasi di Kabupaten Rejang Lebong dalam beberapa tahun belakangan menunjukkan jika daerah ini termasuk habitat dari bunga rafflesia arnoldii,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam dua tahun belakangan pihaknya setidaknya sudah empat kali menerima laporan dari masyarakat di beberapa di Rejang Lebong yang melaporkan temuan bunga rafflesia yang mekar di tempat meraka, di antaranya pada 2017 di Hutan Lindung Bukit Balai Rejang dan di Desa Pal Batu, Kecamatan Selupu Rejang.

Sedangkan pada 2018, ada di Desa Air Dingin, Kecamatan Sindang Kelingi dan Desa Dataran Tapus, Kecamatan Bermani Ulu Raya, dan yang terbaru ditemukan mekar di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Bermani Ulu pada Rabu (23/1).

“Di Desa Kampung Melayu ini kami baru tahu ini, dan rencananya kami akan ke lokasi untuk mengeceknya. Untuk menjaga kelestariannya, agar diperhatikan inang atau tempat bunga ini tumbuh agar tidak dirusak sehingga nantinya bisa tumbuh lagi,” kata Hayu.

Tanaman ini tumbuh setelah melakukan simbiosis yang terdiri dari akar dan pohon sebagai tempatnya inangnya menempel. Untuk itu inang pada pohon ini jangan sampai mati agar nantinya bunga endemik Bengkulu itu bisa kembali tumbuh di Rejang Lebong.

Sementara itu, itu sebaran bungan rafflesia arnoldii di Bengkulu di antaranya berada di cagar alam Taba Penanjung, cagar alam Pagar Gunung dan cagar alam Bukit Kaba. Selain itu, bunga ini juga sering tumbuh di kebun milik warga di luar kawasan hutan lindung.

Baca juga: Bunga bangkai mekar di lahan pertanian warga

Baca juga: Rafflesia Arnoldii mekar di Bukit Daun Bengkulu

Baca juga: Bengkulu ajak warga lestarikan habitat rafflesia arnoldii

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019